MAKALAH
KEUNIKAN BILANGAN
DISUSUN
OLEH
SOFYAN HIPAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TOMPOTIKA
LUWUK
TAHUN 2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt. karena berkat rahmat dan
karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Keunikan-Keunikan
Bilangan”. Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal
mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis
tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi teknik penulisan
maupun tata bahasa. Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin
menyelesaikan karya ilmiah meskipun tersusun sangat sederhana.
Kami
menyadari tanpa kerja sama antara guru pembimbing dan penulis serta beberapa
kerabat yang memberi masukan yang bermanfaat bagi penulis demi tersusunnya
karya tulis ilmiah ini. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak
tersebut yang telah bersedia melubilangann waktunya untuk memberikan arahan dan
saran demi kelancaran penyusunan makalah ini.
Demikian
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca
pada umumnya. Kami mengharapkan saran serta kritik yang membangun dari berbagai
pihak.
PENYUSUN
_______________
Sofyan hipan
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Pelajaran
yang dianggap paling sukar dan paling menyebalkan oleh anak sekolah maupun
mahasiswa adalah matematika. Padahal, tak sedikit pula siswa-siswa atau
mahasiswa yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional karena
kemahirannya dalam matematika. Matematika identik dengan pengolahan bilangan,
bilangan serta rumus-rumus yang banyak membuat para siswa malas untuk
menghafalkan rumus. Bagaimanapun, matematika itu unik dan menarik untuk
dipelajari. Bila kita mau bermain serta mengutak-utik bilangan, kita akan
menemukan sesuatu hal yang baru. Hal baru itu adalah kita dapat bermain sambil
belajar.
Matematika
merupakan suatu alat untuk berkomunikasi di bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi. Dengan matematika kita dapat mengungkapkan gejala – gejala alam,
sosial, dan teknik dengan suatu ungkapan rumusan matematika yang tidak memuat
makna ganda. Bahkan dengan berbantuan matematika kita dapat menyelesaikan
permasalahan sosial, ekonomi, manajemen, dan teknik dengan penyelesaian yang
akurat dan optimal. Fakta menunjukkan bahwa beberapa pemenang nobel untuk bidang
ekonomi atau teknik berasal dari matematikawan. Oleh karena itu, mempelajari
dan menguasai matematika dari usia sekolah dasar maupun lanjut merupakan suatu
kebutuhan.
Lbilanganh
awal bagi para siswa yang tidak menyukai matematikan salah satunya adalah
dengan memperkenalkan keunikan-keunikan bilangan seperti yang akan dibahas pada
makalah kali ini. Dengan mengetahui keunikan-keunikan bilangan tersebut,
mendorong siswa untuk lebih kreatif dalam menciptakan permainan bilangan
lainnya. Dan akhirnya, matematika bukan merupakan pelajaran yang melelahkan, tapi
permainan yang menyenbilangann.
B. TUJUAN
Berdasarkan
uraian dari latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan pokok dalam
pembuatan makalah ini adalah memperkenalkan beberapa keunikan bilangan 37 agar
membuat sebagian besar orang menyukai bilangan 37.
BAB II
PEMBAHASAN
A. KEUNIKAN
BILANGAN 37
a. Bila
bilangan 37 dikalikan dengan sembarang bilangan kelipatan 3-27, maka hasilnya adalah
bilanagan yang sama.
Contoh:
37 x 3 =
111
37 x 6 =
222
37 x 9 =
333
37 x 12
= 444
37 x 15 = 555
|
37 x 18
= 666
37 x 21
= 777
37 x 24
= 888
37 x 27
= 999
|
b. Hasil
dari perkalian dari poin (a) di bagi dengan hasil
jumlah dari bilangan itu maka di peroleh bilangan 37.
Contoh
c. Bilangan 37
jika dikalikan dengan bilangan 33, maka hasilnya bilangan kembar terbalik,
semakin banyak bilangan 3 maka semakin banyak jumlah bilangan
tersebut di tengah hasil perkalian, misalnya
Contoh:
37 x 33 = 1.221
37 x 333 = 12.321
37 x 3.333 = 123.321
37 x 33.333 = 1.233.321
........... dan seterusnya
Selain bilangandikalikan dengan bilangan33
di atas lihatlah keunikan yang lain di bawah ini
37 x 99 = 3.663 37 x 66 = 2.442
37 x 999 = 36.963 37 x 666 = 24.642
37 x 9.999 = 369.963 37 x 6.666 = 246.642
37 x 99.999 = 3.699.963 37 x 666.666 = 2.466.642
Dan seterusnya dan seterusnya
d. Bilangan
37 jika dipbilangantkan, dan jumlah dari hasil bilangan
tersebut adalah jumlah dari bilangan 37 itu sendiri, misalnya:
371= 37 = 3
+ 7 = 10
372 = 1369 =
1 + 3 + 6 + 9 = 19 = 19 = 1 + 9= 10
373 = 50653
= 5 + 0 + 6 + 5 + 3 = 19 = 1 + 9 = 10
e. Menghitung
hasil kali.
Karena
37 = (40 – 3), maka 25 x 37= 25 (40 – 3)
= 1000 – 75
= 925
Untuk
perkalian dengan bilangan yang lebih banyak, dengan sembarang bilangan bulat.
3689
x 37 = 3689 (40 – 3)
= 147.560 – 11.067
= 136.493
Dst....
f. Keunikan
bilangan 37 yang lain:
Bilangan kelipatan 3
jika diselipkan bilangan 0 ditengah dan dipinggirnya diberikan bilangan yang
sama dengan bilangan paling depan jika dikalikan 37 hasilnya kembar namun bilangan
tengahnya adalah jumlah dari bilangan ke 1 dan bilangan
ke 5, misalnya
37 x 303 =
11211
37 x 606=
22422
37 x 909=
33633
Namun, untuk
bilangan kelipatan 3 yang lain, misalnya 12 sampai27 (bilangan kelipatan selanjutnya tidak dihitung) akan dihasilkan bilangan
kembar
37 x 12012=
444444
37 x 15015= 555555
37 x 18018=666666
37 x 27027=999999
37 x 303 = 11211 → 37 x 12012 = 444.444
37 x 606 = 22422 →37 x 15015 = 555.555
37 x 909 = 33633→ 37 x 18018 = 666.666
37 x 27027 = 999.999
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari hasil
pembahasan di atas maka kami dapat menyimpulkan bahwa, pelajaran mate-matika
itu tidaklah sulit seperti yang ditakutkan oleh sebagian orang. Melainkan
matematika itu adalah pelajaran yang paling menyenbilangann karena terdapatnya keunikan
dalam setiap bilangan itu, dan keunikan dari bilangan itu dapat membuat kita
lebih mudah dalam mengoperasikan pembelajaran matematika tersebut.
B. SARAN
Dari
kesimpulan di atas maka kami mengharapkan semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian dan dapat menambah
wawasan kita mengenai keunikan bilangan
Bagi
mereka yang terlibat dalam dunia keguruan, hendaknya secara antusias untuk
meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan, khusunya yang terkait baik langsung
maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan, dan juga semakin memperbaiki
hubungan sosial, dan personal diri kita sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar